Business Model Competition Pertama Telah Dimulai

Masa pandemi mendorong sebagian besar orang maupun pelaku usaha seperti UKM dan Startup untuk berlomba mencari peluang agar tetap bertahan. Selain gencar mengikuti perkembangan tren kebutuhan publik, banyak pelaku usaha yang mulai bergerak dengan memperhatikan kondisi maupun dampak usaha terhadap lingkungan.

Dalam skala besar, gerakan ini dapat mendorong terwujudnya tujuan pembangunan berkelanjutan atau yang biasa dikenal dengan sebutan SDGs.Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030.

Kerja sama antara Ministry of SMEs dan StartupsRepublic of Korea (MSS) dengan Kementerian Koperasi dan UMKM RI (KUKM) telah resmi membuka “KOREA-ASEAN Business Model Competition 2020 for SDGs”. Bergerak di bawah ASEM SMEs Eco-Innovation Center (ASEIC), Green Business Center (GBC) bekerja sama dengan Shinhan Futures Lab untuk mengorganisasi menyelenggarakan kompetisi yang terbuka untuk seluruh UKM danStartup Indonesia, Korea dan juga Negara anggota ASEAN.

Tujuan diadakannya kompetisi bisnis ini adalah untuk mempromosikan kampanye dari implementasi SDGs (Sustainable Development Goals) melalui ide-ide model bisnis yang potensial, mendorong UKM dan Startup untuk berkembang, serta memberikan peluang bagipara pemenanguntuk mendapatkan investor.

Syarat-syarat yang diperlukan bagi UKM/Startup dari Indonesia, Korea, dan anggota ASEAN yang ingin mengikuti kompetisi ini ialah harus resmi terdaftar secara hukum, sudah berdiri kurang dari lima tahun, dan memiliki model bisnis yang mengacu pada poin-poin SDGs. Periode pendaftaran kompetisi ini dibuka sampai dengan 1 November 2020 mendatangmelalui tautan http://bit.ly/KoreaAseanBizcom.

Peserta akan melewati tiga tahap penilaian, yaitu; Document Review untukseleksi 24 besar, Online Screening untuk seleksi 10 besar, dan sesi mentoring via Zoom dengan para ahli di bidang bisnis selama dua minggubagi peserta yang lolos dalam 10 besar.

Peserta dengan model bisnis terbaik yang berhasil memenangkan kompetisi ini berhak mendapatkan berbagai benefit dan fasilitas, seperti; Sertifikat Penghargaan dari KUKM RI, uang tunai dengan total Rp 120.000.000; kesempatan mendapatkan networking dan media yang luas untuk mengembangkan bisnis, kesempatan menggunakan co-working space, dan tentunya peluang yang lebih besar untuk mendapatkan investor.

Penyelenggaraan “Korea-Asean Business Model Competition 2020 for SDGs”,diharapkan menjadi ajang untuk berinteraksi serta bersosialisasi dalam semangat kompetisi yang sehat serta dalam upaya membina dan mengembangkan Startup/UKM, khususnya untuk menerapkan mengimplementasikan SDGs. Ajang ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi sekaligus menumbuhkan motivasi di kalangan bisnis pemula untuk bisaberinovasi.Informasi lebih lanjut mengenai kompetisi tersebut dapat mengubungi di Sdr. Gita (+62-085224252827/Korbiz2020@gmail.com).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*